Cara Menjaga Kebugaran Tubuh

 

Menjaga kebugaran tubuh sangat diperlukan bagi semua orang. Mengingat bahwa tidak lancarnya peredaran darah dan naiknya berat badan terjadi apabila tubuh kita tidak segar bugar. Sehingga tak sedikit orang yang mengeluhkan masalah gangguan kesehatan mereka. Tahukah anda sebanyak 85 hingga 115 kalori tiap akhir minggu akan meningkat lagi dan ini merupakan suatu bukti dari hasil studi kesehatan yang telah dilakukan. Sebanyak 3500 kalori akan dibutuhkan seseorang apabila berat badannya naik sebanyak 4, 5 kg.

 

Kalori yang sangat banyak yakni 345 akan tertumpuk tiap akhir minggu seperti hari jumat, sabtu dan minggu. Sehingga sebanyak 4, 5 kg berat badan mereka akan naik dalam 10 pekan. Oleh karena itulah dalam hal ini cara menjaga kebugaran tubuh sangat diperlukan. Dalam hal ini supaya tubuh kita mau bergerak membutuhkan suatu agenda yang menarik perhatian kita sendiri dan yang paling penting adalah niatan kita. Untuk itu tips dibawah ini akan sangat bermanfaat bagi anda. Simak baik-baik yah…

 

Berikut beberapa Cara Menjaga Kebugaran Tubuh :

 

1.  Belanja sehat

Suatu kegiatan yang sangat menarik perhatian kita adalah berbelanja. Namun dalam hal ini kita harus bisa belanja dengan sehat. Seperti anda buat dafar belanja makanan yang sehat dan menghindari makanan yang terkandung pengawet di dalamnya dan makanan kalengan seperti makanan yang kaya akan serat, buah dan sayur.

 

2.  Mencoba resep makanan baru

Supaya tubuh anda bergerak dan membutuhkan suatu energy, anda bisa mencoba resep baru dengan mulai memasaknya, peralatan disiapkan sendiri, meracik bahan dan bumbu sendiri hingga menyediakan dan menghidangkan di atas meja. Bukannya hanya makan saja, kegiatan ini pastinya akan bermanfaat untuk lebih menjaga kebugaran tubuh kita.

 

3.  Dengan berjalan kaki

Olahraga seperti fitness dan lari pagi mungkin olahraga yang sering dikenal oleh banyak orang. Namun tahukah anda ternyata ada olahraga yang sangat efektif dilakukan, sangat mudah dan juga bisa dilakukan dimanapun juga. Ya, jalan kaki memang olahraga yang banyak manfaatnya bagi kesehatan kita. Seperti menguatkan tulang rawan, ligament dan otot-otot, selain itu jalan kaki idealnya juga bisa mengendalikan nafsu makan kita, berat badan bisa terjaga dan kalori juga bisa terbakar. Tak hanya itu saja, terjadinya osteoporosis bagi kaum perempuan bisa dihambat ketika jalan kaki rutin dilakukan sejak dini.

 

4.  Perbanyak minum air putih

Rutinitas kita akan lebih jauh untuk dilakukan ketika kita sedang bersantai di akhir minggu. Namun dalam hal ini mengkonsumsi cukup air putih juga merupakan rutinitas kita yang tidak boleh dijauhi dan harus tetap dilakukan. Air putih merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kesehatan kita walaupun sebelumnya kita telah minum air karbonasi, kopi maupun air teh. Di dalam tubuh gula yang masuk dan sisa makanan bisa terbilas dan metabolism lancar apabila setiap harinya kita rutin minum air putih paling tidak 8 gelas.

 

5.  Mengerjakan hobi atau aktifitas rumah tangga

Aktifitas rumah tangga dan hobi yang kita lakukan jangan pernah diremehkan. Tahukah anda bahwa terjadinya resiko kanker payudara bisa dikurangi dengan berbagai rutinitas rumah tangga yang dilakukan seperti membersihkan dan mengatur rumah, hal inilah yang merupakan bukti dari penelitian yang dilakukan di 9 negara Eropa dengan responden sebanyak 200 ribu wanita. Di dalam tubuh kita lemak bisa hilang dengan gerakan menyapu, mencuci baju atau piring dan mengepel lantai. Selain itu masalah kesehatan dan mental mereka bisa diatasi dengan melakukan segala rutinitas dari hati atau telah menjadi kegiatan favorit akan menjauhkan mereka dari tingkat stres.

 

6. Menjalnkan Kegiatan luar ruangan (outdor)

Kegiatan yang sangat menyenangkan dan rutinitas di luar rumah merupakan waktu yang sangat baik yang mana terjadi di akhir minggu. Berbagai kegiatan seperti jogging, bermain sepeda,voli di pantai, main pingpong, jalan-jalan di taman, atau bisa juga mendaki dan jalan ke pegunungan merupakan kegiatan luar rumah yang sifatnya suka-suka tapi sangat menyehatkan tubuh kita yang di mana itu merupakan cara menjaga kebugaran.

 

 

Postscript :

Artikel di atas mengenai Cara Menjaga Kebugaran Tubuh versi kami. tambahan dari kami yaitu pilihlah hobi atau aktifitas yang kalian suka dan gemari dalam menjalakannya, jangan pernah memaksakan hobi atau aktifitas yang kalian tidak suka. Jika ada anda mempunyai cara lain untuk menjaga kebugaran tubuh yang belum kami ketahui, silahkan tambahkan dikolom komentar. selamat mencoba...




Baca juga :

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama