Manfaat Latihan Aerobik Untuk Menurunkan Berat Badan

 

Menurunkan berat badan dengan cara yang sehat akan mendapatkan hasil yang sehat pula. Jangan pernah memilih untuk menurunkan berat badan dengan mengonsumsi obat-obatan kimia, karena efeknya dalam jangka panjang sangat kurang menyenangkan. Mungkin anda bisa mencobanya dengan aerobik, aerobik adalah latihan kardio yang bertujuan untuk meningkatkan denyut jantung secara menyeluruh sehingga tubuh akan bertambah sehat dan bugar. Dengan latihan aerobik lemak dalam tubuh anda akan terbakar, secara tidak langsung berat badana anda akan berangsur menurun.

 

Jika memang tujuan anda ikut latihan aerobik adalah untuk menurunkan berat badan, itu bisa anda dapatkan. Namun perlu anda ketahui sesungguhnya tujuan utama dari aerobik adalah untuk meningkatkan dan mempertahankan denyut jantung agar tetap kuat sekaligus melatih otot besar agar tetap aktif bergerak. Ketika detak jantung meningkat, secara otomatis jantung juga memompa dengan cepat, dengan begitu suplai oksigen yang dialirkan ke seluruh tubuh pun juga akan ikut meningkat. Maka secara otomatis daya tahan, otot dan stamina tubuh juga akan meningkat. Sehingga tidak heran jika mereka yang biasa atau teratur melakukan latihan aerobik tampak lebih bugar dan berseri selain itu kulit mereka juga lebih kencang dan mulus serta memiliki tubuh yang langsing. Coba perhatikan ada atau tidak, orang yang teratur aerobik memiliki berat badan berlebih. Berikut ini akan kita bahas lebih detail mengenai manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan jika kita teratur melakukan latihan aerobik selain untuk menurunkan berat badan. Simak baik-baik yah…

 

Berikut beberapa manfaat latihan aerobik untuk mnurunkan berat badan :

 

1. Meningkatkan Energi

Orang yang teratur melakukan latihan aerobik akan Nampak energik. Ini sesuai dengan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti yang berasal dari University of Georgia, mereka mengatakan bahwa energy akan meningkat sebesar 20% jika kita mau melakukan latihan aerobik selama 20 menit. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya suplai oksigen dalam tubuh sehingga mempengaruhi pula terhadap energy yang dihasilkan.

 

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jika kita perhatikan, tidak ada orang yang teratur latihan aerobik sakit-sakitan. Hal ini terjadi karena semua jenis olahraga mampu meningkatkan system kekebalan tubuh, seperti halnya pada aerobik. Dengan meningkatnya system imun pada tubuh maka wajar saja jika penyakit tidak mudah menyerang.

 

3. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Dengan latihan aerobik secara teratur gula darah anda akan terjaga kestabilannya. Hal ini disebabkan oleh, saat anda melakukan latihan aerobik kolestrol baik dalam tubuh akan meningkat sehingga ini akan menurunkan tekanan darah tinggi serta mengendalikan kadar gula dalam darah. Maka dari itu sangat dianjurkan agar kita mengikuti latihan aerobik untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

 

4. Menguatkan Otot dan Tulang

Jika kita sering latihan aerobik maka otot akan lebih padat berisi. Memang kelihatannya kecil namun ini lebih kuat dan berisi serta menghasilkan timbangan yang tinggi pula. Jadi dengan latihan aerobik berat badan anda akan terjaga, jika otot anda semakin kuat maka secara otomatis tulang pun juga akan semakin kuat sehingga anda bisa terhindar dari berbagai penyakit tulang.

 

5. Menguatkan Jantung

Dengan latihan aerobik akan meningkatkan dan mempertahankan denyut jantung, serta melatih otot besar pada jantung sehingga jantung lebih kuat dan sehat. Untuk memenuhi kebutuhan darah dalam tubuh jantung harus memompa, jika jantung kuat maka jantung akan memompa dengan stabil namun jika jantung lemah maka asupan darah dalam tubuh bisa saja berkurang. Jantung merupakan organ vital dalam tubuh manusia sehingga kita harus benar-benar menyayangi jantung kita agar mampu menjalankan tugasnya. Jika jantung anda sehat maka anda akan terhindar dari penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Selain menguatkan jantung dengan latihan aerobik lemak yang terbakar juga akan terjadi lebih cepat sehingga bisa menurunkan berat badan anda.

 

Jenis latihan aerobik pada dasarnya dibagi menjadi 2, yaitu high impact dan low impact aerobik, berikut ini uraiannya :

 

1. High Impact Aerobik

Latihan jenis ini dilakukan dengan tempo yang cepat dan intensif sehingga membutuhkan tenaga yang besar pula untuk melakukannya. Contonya berlari, jogging, bersepeda, senam aerobik dan lainnya. Mungkin latihan ini akan sangat berat bagi mereka yang tidak pernah olahraga, badan gemuk, ikut aerobik karena ingin menurunkan berat badan. Dengan latihan yang seperti ini, sangat jarang sekali mereka akan bertahan kecuali jika sudah dibarengi dengan tekad baja.

 

2. Low Impact Aerobik

Jenis latihan ini cocok jika dilakukan oleh mereka yang jarang berolahraga, gemuk, atau sekedar ingin menurunkan berat badan. Karena latihan ini lebih mengacu pada intensitas latihan sedang. Kebanyakan latihan ini diikuti oleh mereka yang ingin memulihkan diri dari cidera, wanita hamil, ataupun lansia. Contoh latihannya adalah jalan kaki, latihan aerobik dalam air dan lainnya.

 

Bagi anda yang pemula memang disarankan agar melakukan aerobik sedang dulu. Kemudian jika sudah terbiasa anda bisa melakukannya dengan high impact sehingga bisa mempercepat anda untuk menurunkan berat badan.

 

 

Postscript :

Artikel diatas mengenai Manfaat Latihan Aerobik Untuk Menurunkan Berat Badan versi kami. Jika ingin mendapatkan hasil yang optimal, lakukan dengan konsisten yah guys. Jika ada tambahan dari anda yang belum kami ketahui, silahkan tambahkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat...




Baca juga :

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama