Cara Menertibkan Area Cetak Di Google Sheets (Lengkap)

Cara Menghitung Waktu di Google Spreadsheet (Lengkap)


Mengatur Sel yang Dipilih sebagai Area Cetak

 

Terkadang Anda mungkin ingin mencetak hanya bagian tertentu dari lembar kerja Anda. Ini bisa terjadi saat Anda ingin mempresentasikan hanya sebagian dari pekerjaan Anda atau bahkan membuatkan bagian tertentu dengan rekan kerja Anda untuk diskusi sebelum mencetak seluruh lembar kerja.

 

Apa pun situasinya, berikut ini cara mencetak sel yang diseleksi di Google Spreadsheet.

 

1. Buka lembar kerja yang ingin Anda cetak.

 

 

2. Pilih sel yang diharapkan. Saat Anda melakukannya, Anda harus menentukan rentang sel yang berkesinambungan.

 

 

3. Tekan tombol ikon printer yang terdapat di pojok kiri atas bilah hidangan. Atau, klik “File” dan pilih “Cetak” dari sajian tarik-turun. Ini akan membuka jendela pengaturan cetak.

 

 

4. Klik panah bawah yang timbul tepat di bawah tombol “Cetak” berwarna abu-abu di sudut kanan atas.

 

 

5. Klik pada “Sel yang Dipilih.”

 

 

6. Tekan “Berikutnya” untuk membuka jendela pra-cetak terakhir di mana Anda mampu menyesuaikan area cetak Anda sebelum mengirim file ke printer Anda.

 

 

Cara Mengatur Area Cetak di Google Spreadsheet di Android

 

Aplikasi Google Spreadsheet Android memungkinkan Anda menyimpan spreadsheet di ponsel untuk terusan cepat.

 

Keuntungan besar yakni Anda mampu mengedit atau menyaksikan dokumen Anda bahkan dikala Anda tidak terhubung ke internet. Dengan cara ini, Anda dapat tetap bekerja ketika bepergian.

 

Pada segi negatifnya, aplikasi Android Google Sheets tidak memungkinkan Anda untuk mengatur area cetak yang diubahsuaikan. Anda hanya mampu mencetak seluruh spreadsheet. Namun, ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pengaturan cetak mirip ukuran kertas, orientasi kertas, halaman tertentu yang mau dicetak, warna

 

Berikut cara mencetak spreadsheet dikala Anda menggunakan aplikasi Android:

 

1. Buka aplikasi Google Spreadsheet di perangkat Anda.

 

Cara Mengatur Area Cetak Di Google Sheets  Cara Mengatur Area Cetak Di Google Sheets (Lengkap)

 

2. Buka spreadsheet yang ingin Anda cetak dan ketuk “Lainnya” di sudut kanan atas layar Anda.

 

Cara Mengatur Area Cetak Di Google Sheets  Cara Mengatur Area Cetak Di Google Sheets (Lengkap)

 

3. Ketuk “Bagikan & ekspor.” lalu ketuk “Cetak.”

 

Cara Mengatur Area Cetak Di Google Sheets  Cara Mengatur Area Cetak Di Google Sheets (Lengkap)

 

4. Ketuk “Ukuran kertas.” Ini akan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pengaturan cetak dan menentukan hal-hal seperti orientasi dan warna kertas.

 

 

5. Ikuti petunjuk di layar untuk menentukan printer yang mau digunakan.

 

 

6. Ketuk “Cetak” untuk mulai mencetak spreadsheet Anda.

 

Cara Mengatur Area Cetak di Google Sheets di iPhone

 

Aplikasi iPhone Google Spreadsheet dibentuk dengan mempertimbangkan kenyamanan. Anda dapat mengakses pekerjaan Anda kapan saja, di mana saja. Anda juga dapat memperbarui spreadsheet Anda dengan berita baru atau bahkan mengawali proyek gres.

 

Tetapi mirip dengan aplikasi Android Google Spreadsheet, Anda tidak dapat mencetak sel yang diseleksi dalam satu lembar. Anda hanya mampu mencetak seluruh lembar.

 

Berikut langkah-langkahnya:

 

1. Buka aplikasi Google Spreadsheet di iPhone Anda.

 

Cara Mengatur Area Cetak Di Google Sheets  Cara Mengatur Area Cetak Di Google Sheets (Lengkap)

 

2. Buka file yang ingin Anda cetak dan ketuk “Lainnya.”

 

Cara Mengatur Area Cetak Di Google Sheets  Cara Mengatur Area Cetak Di Google Sheets (Lengkap)

 

3. Pilih “Bagikan & ekspor” dari jendela sembulan lalu ketuk “Cetak.”

 

 

4. Ikuti isyarat di layar untuk memilih printer yang ingin Anda gunakan.

 

 

5. Sesuaikan pengaturan printer Anda jika Anda mau, dan tentukan rincian yang lain mirip jumlah salinan yang Anda kehendaki.

 

6. Ketuk “Cetak” untuk mengantarfile ke printer Anda untuk dicetak.

 

 

Cara Mengatur Area Cetak di Google Sheets di Aplikasi iPad

 

Aplikasi iPad Google Sheets melakukan pekerjaan nyaris mirip rekan iPhone-nya.

 

Berikut cara mencetak spreadsheet:

 

1. Buka iPad Anda dan luncurkan aplikasi Google Spreadsheet.

 

 

2. Arahkan ke file yang ingin Anda cetak dan ketuk “Lainnya.”

 

Cara Mengatur Area Cetak Di Google Sheets  Cara Mengatur Area Cetak Di Google Sheets (Lengkap)

 

3. Ketuk “Bagikan & ekspor” lalu ketuk “Cetak.”

 

Cara Mengatur Area Cetak Di Google Sheets  Cara Mengatur Area Cetak Di Google Sheets (Lengkap)

 

4. Ikuti bimbingan di layar untuk memilih printer yang ingin Anda gunakan.

 

 

5. Sesuaikan pengaturan printer Anda untuk mengganti hal-hal seperti orientasi dan warna.

 

6. Ketuk “Cetak” untuk mulai mencetak.

 

 

Cetak Dengan Kebebasan

 

Mengatur area cetak adalah langkah awal menuju penyajian yang berhasil. Ini adalah cara yang cantik untuk menentukan Anda hanya mencetak apa yang Anda inginkan. Ini mampu membantu Anda memotong biaya pencetakan dan memperpanjang kurun pakai printer dan suplemen pencetakan yang lain.

 

Bagaimanapun, PC yakni perangkat terbaik untuk menyesuaikan area cetak Anda. Meskipun aplikasi seluler Android dan iOS dilengkapi dengan tombol cetak, Anda tidak mampu memilih sel mana yang hendak dicetak dan mana yang tidak.

 

Sudahkah Anda menjajal mencetak sel yang diseleksi di Google Spreadsheet? Bagaimana kesudahannya? Beri tahu kami di bab komentar di bawah.